Sosial media marketing adalah suatu strategi marketing yang dilakukan melalui platform media sosial, baik secara gratis maupun iklan berbayar yang kontennya meliputi informasi umum, panduan, serta penawaran produk. Umumnya sosial media marketing dilakukan bersamaan dengan digital marketing lain, seperti email, blog, dan sebagainya. Sebelum memulai upaya sosial media marketing, perlu dilakukan adanya sebuah riset. Dalam hal ini, menurut data dari WeAreSocial, 160 juta orang Indonesia dengan rentang usia terbanyak 24-25 tahun diketahui sebagai pengguna aktif media sosial, di mana 99% aksesnya dilakukan melalui perangkat mobile. Berdasarkan data tersebut, seorang pebisnis harus dapat menyesuaikan target audiens-nya dengan platform sosial media yang tepat.
Adapun beberapa platform media sosial terbaik saat ini di antaranya, yaitu : 1) Facebook —2, 7 miliar pengguna aktif/bulan dengan rentang usia pengguna terbanyak 25-34 tahun—, sebanyak 65 juta bisnis memanfaatkan fitur Facebook page sebagai alat promosi produk; 2) Youtube —2 miliar pengguna aktif/bulan dengan rentang usia pengguna terbanyak 15-25 tahun—, menjadi upaya video marketing yang tepat dalam mempromosikan produk dengan trafik pengguna sekitar 1 miliar jam video yang dilihat per harinya; 3) Instagram —1 miliar pengguna aktif/bulan dengan rentang usia pengguna terbanyak 25-34 tahun—, terdapat beberapa fitur menarik yang dapat dimanfaatkan secara gratis, seperti fitur akun bisnis, Stories, Instagram Live, dan IGTV; 4) Twitter —330 juta pengguna aktif/bulan dengan rentang usia pengguna terbanyak 30-49 tahun—, dinilai platform yang tepat bagi bisnis yang secara rutin memproduksi kontennya karena fiturnya berfokus pada penyebaran informasi global secara real-time; 5) Tiktok —689 juta pengguna aktif/bulan dengan rentang usia pengguna terbanyak 18-24 tahun—, 6) LinkedIn —738 juta pengguna aktif/bulan dengan rentang usia pengguna terbanyak 46-55 tahun—, platform media sosial yang tepat untuk mempromosikan bisnis produk yang bergerak di B2B; 7) Pinterest —400 juta pengguna aktif/bulan dengan rentang usia pengguna terbanyak 30-49 tahun—, menyediakan beragam format file dalam mempromosikan produk dengan gambar yang mencolok dan sangat tepat bagi target pasar perempuan; 8) Snapchat —287 juta pengguna aktif/bulan dengan rentang usia pengguna terbanyak 13-34 tahun—, merupakan platform sosial media yang unik untuk membangun brand awareness pada anak muda.
Berdasarkan beberapa platform di atas, berikut ini merupakan upaya yang efektif dalam melakukan strategi sosial media marketing, yaitu melalui penggunaan Instagram marketing dengan memanfaatkan tools terbaik yang tersedia dan Instagram Ads untuk promosi bisnis; menggunakan Facebook marketing melalui tools seperti DrumUp dan SocialOomph, serta Facebook Ads untuk hasil yang lebih optimal; menggunakan Twitter marketing dengan memaksimalkan User-generated Content; meningkatkan penjualan melalui Retargeting, misalnya melalui Pixel yang terdapat pada Facebook Retargeting Ads; dan menggunakan plugin sosial media terbaik untuk website, seperti Social Media Auto Publish, Social Warfare dan Instagram Feed. Upaya-upaya sosial media marketing ini perlu dilakukan, karena memiliki banyak manfaat, di antaranya hemat biaya, efektif dan efisien, dapat meningkatkan brand awareness, memperluas pangsa pasar bisnis, dan merupakan sarana komunikasi yang lebih mudah kepada konsumen. Selain itu, juga bermanfaat dalam membagikan informasi terbaru dengan cepat dan menarik trafik pengguna ke website produk.
Comments
Post a Comment